Resep Olahan Tempe Kecap Maknyus

Tempe
Resep Olahan Tempe Kecap Maknyus - Bunda masakan kali ini kita akan membahas tentang olahan tempe. Bunda kita yang tinggal di negara Indonesia merdeka ini, pasti tau betul bahan masakan tempe ini. Ya tempe, tempe adalah makanan yang di buat dari sistem fermentasi dari biji kedelai dengan beberapa bahan lain yang menggunakan beberaa jenis kapanh rhizopus. Bahan makanan ini merupakan makanan istimewa yang sering di pandang sebeelah mata di negara kita. Padahal di negara-negara lain tempe dan tahu merupakan salah satu bahan makanan yang istimewa loh. Kenapa seperti itu, karena jelas mungkin masyarakan luar negri pada paham betul akan kandungan gizi tempe ini. Kita juga tak boleh kalah akan pengetahuan bahan makanan budaya kita sendiri bunda. Bunda kandungan gizi tempe yang di buat dari kacang kedelai ini memiliki sumber protein nabati, mengandung serat pangan, kandungan kalsium, vitamin B dan zat besei. Selain itu terdapat kandungan anti biotika dan kandungan anti oksidan yang dapat menyembuhkan infeksi dan mencegah timbulnya penyakit degeneratif.

Resep Olahan Tempe Kecap Maknyus
Terdapat  beberapa manfaat yang di hasilkan oleh tempe jika kita mengkonsumsinya, tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitar dari 18 jenis protein beserta dengan asam amino yang mudah di cerna oleh tubuh kita. Beberapa manfaat lainnya seperti menurunkan resiko serangan jantung dengan menetralkan efek negatif kolesterol jahat, sumber vitamin yang memberikan banyak manfaat seperti meningkatkat sistem kekebalan tubuh, keehatan kulit, metabolisme sel darah merah, mencegah anemia, menangkal radikal bebas ke tubuh, sebagai serat pangan yang dapat mengendalikan kad
ar gula darahm dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Jadi bunda, langsung saja kita buat sama-sama olahan tempe kecap ini, berikut resepnya; 

Resep Tempe Kecap Maknyus

Sediakan Bahan :
  • 250 gram tempe segar potong dadu
  • 100 gram paprika merah potong-potong
  • 1 batang daun bawang potong-potong
  • 3 sendok makan minyak goring
  • 4 sihung bawang putih di haluskan
  • 5 butir bawang merah di haluskan
  • ½ sendok the garam halus
  • 3 cm jahe di memarkan
  • 150 ml air putih
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 2 batang cengkih
  • 2cm kayu manis
  • ½ sendok teh pala bubuk
  • ½ sendok teh merica bubuk
Cara Membuat dan Mengolah :
  1. Panaskan minyak di wajan.
  2. Masukan bumbu yang telah bunda haluskan dan juga masukan jahe yang sudah di memarkan. Tumis semua bahan tersebut hingga tercium bau harum.
  3. Tuangkan air, lalu masukan kecap manis, pala bubuknya, merica bubuk juga, cengkih, serta katu manis. Masak hingga mendidih.
  4. Masukan potongan dadu tempe, potongan paprika dan potongan daun bawangnya. Masak dengan api sedang saja sampai bumbu meresap kedalam masakan hingga matang.
  5. Tuang ke pinggan saji, baru lah hidangkan untuk di nikmati bersama keluarga bunda.
Dalam hidangan ini, cukup untuk 4 porsi, informasi gizi yang terdapat pada hidangan ini adalah 100 gram tempe mengandung 20,8 gram protein, 26,6 gram lemak, kandungan kalsium 202 mg, fosfor 296 mg dan untuk total hidangan ini mengandung kalori sebesar +- 280,2 kkal / porsi hidangan.

Bunda hidangan olahan resep tempe kecap ini baik untuk bunda yang sedang mengandung, tempe merupakan sumber protein yang murah dan bergizi. Selain itu dari paprika merah termasuk sayuran yang memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan tersebut adalah carotenoid yang mampu mngurangi resiko terkena kanker dan beberapa penyakit lainnya. Jadi buat para bunda “bumil” alias bunda hamil, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi olahan masakan ini. Selain dari enak, masakan ini juga menyehatkan untuk bumil dan juga san buah hati bumil.  Tertarik mencoba ???, yoss.. semoga berhasil ^-^